KabarRestorasi.com, Jakarta - Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, sudah lebih dari delapan juta orang menjadi pengguna kereta rel listrik (KRL) atau "commuter line" selama dua pekan pertama Februari 2023.
"Total volume pengguna “commuter line” sepanjang bulan Februari ini sebanyak 8.099.547 orang dari 82 stasiun yang kami kelola," kata Anne, dikutip dari tvonenews, Senin (13/02/2023).
Anne mengungkapkan, menurut data PT KAI Commuter Line, pada Minggu 12 Februari 2023 sore pukul 15.00 WIB, tercatat volume pengguna KRL di seluruh stasiun di Jabodetabek sebanyak 233.909 orang.
Dan pada hari Sabtu 11 Februari 2023 kemarin, untuk volume pengguna Stasiun Manggarai tercatat 151.358 orang dengan rata - rata pengguna pada hari kerja sejumlah 14.606 orang dan 11.503 orang tiap harinya pada hari libur.
"Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sekitar 125 hingga 160 ribu orang per harinya," ujarnya.
Untuk rute operasi perjalanan KRL, KAI mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan pada tiap harinya, yang dimulai pukul 04.00 sampai 24.00 WIB.
PT KAI Commuter Indonesia bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta juga terus berkoordinasi dengan DJKA dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di area Stasiun Manggarai (Jakarta Selatan).
Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengguna kereta, KAI telah menyiagakan petugas yang siap melayani pengguna jika membutuhkan informasi dan bantuan.
KAI terus menghimbau kepada seluruh pengguna agar selalu menggunakan aplikasi KRL Access untuk melakukan perjalanan, mengecek jadwal perjalanan hingga kepadatan stasiun.
Para penumpang yang membutuhkan bantuan informasi terkait perjalanan commuter line bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses layanan media sosial @commuterline serta laman di commuterline.id.